LATEST POST
latest

728x90

468x60

Asal Usul Kata Tuman


Akhir-akhir ini viral meme atau komik menggunakan kata "tuman". Kata "tuman" memang sedang menempati tempat yang spesial di antara kata-kata yang lain saat ini.

Namun tahukah kamu apa arti kata "tuman" sebenarnya? Mungkin dari beberapa kalian sudah mengetahuinya, tinggal kalian cari di google dengan memasukkan kata kunci "Arti Kata Tuman" atau "Arti Kata Tuman Menurut KBBI". Google akan segera menawarkan berbagai pilihan artikel website yang menjelaskan arti kata "tuman". Kalian tentu akan memilih arti kata tuman yang bersumber dari KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) Daring. Tahu kan daring itu apa? Wait What? Belum tahu? Daring: Online. Daring singkatan dari Dalam Jaringan.

Baiklah, arti kata tuman menurut KBBI adalah menjadi biasa (suka, gemar, dsb) sesudah merasai senangnya, enaknya, dsb.

Arti Kata Tuman Menurut KBBI
Arti Kata Tuman Menurut KBBI
Sudah jelas bukan, bahwa kata tuman adalah kata adjektif yang berarti menjadi biasa sesudah merasakan senangnya. Atau dalam kalimat saya, kata tuman berarti kebiasaan karena sudah merasakan enaknya, atau sebuah kebiasaan yang terjadi karena keenakkan.


Betul, kata tuman memang bukan berasal dari Bahasa Indonesia, melainkan kata serapan yang berasal dari Bahasa Jawa. Lalu apa arti kata tuman dalam Bahasa Jawa?

Arti kata tuman dalam Bahasa Jawa kurang lebih sama dengan kata tuman setelah diserap dalam Bahasa Indonesia, yaitu suatu kebiasan yang berulang-ulang karena merasa enak, senang, dsb.

Ternyata, kata tuman tidak hanya ada dalam Bahasa Jawa, melainkan juga ada dalam Bahasa Sunda. Apa arti kata tuman dalam Bahasa Sunda?

Arti kata tuman dalam Bahasa Sunda adalah dibiasakan yang nantinya jadi jelek, keenakan (sesuatu yang bersifat jelek). Arti kata tuman dalam Bahasa Sunda pun tidak jauh beda dengan arti kata tuman dalam Bahasa Jawa maupun setelah diserap dalam Bahasa Indonesia.

Jadi, arti kata tuman secara umum adalah kebiasaan yang bersifat buruk. Arti ini adalah yang paling umum dan mudah dipahami oleh masyarakat dunia maya (netizen) sekarang.

Lalu mungkin kamu akan bertanya-tanya, sebenarnya bagaimana sih penggunaan kata tuman dalam kalimat yang benar?

Mari kita lihat pada contoh berikut:
1. Anak itu tuman membolos
2. Anak itu tuman tidak menggunakan helm, setelah berhasil lepas dari razia polisi

Begitulah arti kata tuman dan contoh penggunaannya. Semoga bermanfaat.
« PREV
NEXT »

No comments