LATEST POST
latest

728x90

468x60

"Perang Diskon GoPay vs OVO" Mana yang Lebih Disukai?

Banner Cahback OVO vs GoPay di FamilyMart
Kabar gembira bagi para pengguna GoPay dan OVO, karena beberapa hari ini (akhir Maret 2019) kedua fintech tersebut tengah berperang memanjakan penggunanya dengan memberikan diskon berupa Cashback gila-gilaan setiap hari. Kedua fintech tersebut sedang adu kekuatan siapa yang lebih banyak bakar duit. Ini tentu menjadi keuntungan bagi para penggunanya di masa-masa bakar duit seperti ini.

Artikel ini dibuat hanya sebagai informasi bagi para pembaca atau pengguna GoPay dan OVO. Tidak ada maksud untuk menjelekkan salah satunya. Ulasan pada artikel ini bersifat subjektif dan bisa jadi tidak sesuai dengan pendapat para pembaca yang budiman, oleh karena itu, jika ada masukkan atau pendapat lain silahkan berikan di kolom komentar. Ayo tunjukkan suaramu sebagai Tim GoPay atau Tim OVO!

Saya mungkin adalah satu dari ratusan ribu orang yang menggunakan jasa kedua fintech tersebut. Sulit rasanya jika hanya menggunakan salah satu, misalnya GoPay saja atau OVO saja. Bukan karena kemaruk ingin mendapat manfaat Cashback yang diberikan oleh keduanya, tetapi lebih karena penggunaannya untuk pembayaran trasnportasi online yang praktis atau cashless. GoPay adalah fitur yang memang sudah ada dalam aplikasi GoJek dan OVO yang terintegrasi dalam aplikasi Grab, memudahkan saya dalam pembayaran transportasi ketika menggunakan kedua moda transportasi online tersebut baik motor maupun mobil. Bahkan saya menggunakan OVO sudah lama, sebelum OVO terintegrasi dengan Grab saya sudah menggunakannya. Malahan saya ada kartu OVO yang bisa saya gunakan sebagai alat pembayaran juga. Waktu itu OVO baru ada di Matahari Department Store, setahu saya.

Poin plus menggunakan kedua fintech (GoPay dan OVO) ini adalah ketika keduanya sedang memberikan promo Cashback dalam waktu bersamaan seperti pada akhir bulan ini (Maret 2019). Kita bisa menikmati keduanya dalam waktu bersamaan, bahkan pada merchant yang sama jika merchant tersebut sudah bekerja sama dengan keduanya.

Lebih suka mana, Promo Cashback GoPay atau OVO?

Jika harus memilih, maka saya lebih suka promo Cashback GoPay dibanding dengan OVO. Berikut akan saya ulas kenapa saya lebih suka promo Cashback GoPay dibandingkan dengan promo Cashback OVO.

1. Promo Cashback GoPay lebih sering dan bermacam-macam

Menurut saya promo Cashback GoPay lebih sering, setiap hari berbulan-bulan. Ada merchant tertentu promo cashback GoPay selama 3 bulan, bahkan di McDonald's - Cashback 20% selama satu tahun dari 1 Februari 2019 hingga 31 Januari 2020 (go-jek.com, 24 Maret 2019). Saya merasa promo GoPay tidak pernah berhenti, bahkan bisa bertumpuk-tumpuk. Misalnya, selama 3 bulan promo Cashback 20%, tetapi pada hari tertentu Cashback 30% dengan ketentuan yang berbeda lagi. Promo Cashback GoPay bermacam-macam, bahkan bisa jadi merchant tertentu memiliki promo Cashback khusus.

2. Merchant GoPay adalah merchant favorit

Menurut saya merchant GoPay adalah merchant-merchant favorit penggunanya. Meskipun beberapa merchant juga bekerja sama dengan OVO, tetapi tidak semua. Beberapa contoh merchant GoPay yang merupakan tempat-tempat favorit meliputi rumah makan, tempat belanja, kafe, toko buku, dan lain-lain, yaitu McDonald's, Hokben, BreadTalk, Starbucks, Excelso, Gramedia, Alfmart, FamilyMart, Miniso, dan lain-lain.

3. Maksimal cashback GoPay reset perhari

Ini yang membuat senang pelanggan GoPay yang akan selalu betah mengulang-ulang top up saldo GoPay-nya. Maksimal cashback GoPay reset perhari, artinya seolah-olah tidak ada batas maksimum cashback selama periode promo, adanya maksimum cashback perhari per transaksi. Sementara itu, promo cashback OVO ada batas maksimal dalam satu periode promo.

Contohnya seperti pada gambar di atas, merupakan promo cashback GoPay dan OVO di FamilyMart, berikut syarat dan ketentuannya.

GoPay-Cashback 20% (diambil dari go-jek.com tanggal 24 Maret 2019)
1. Khusus pembayaran di tempat menggunakan GO-PAY
2. Cashback maksimal Rp20.000/transaksi
3. Promo berlaku untuk 1 kali transaksi pertama dalam 1 hari per pengguna
4. Berlaku di semua gerai Family Mart di Indonesia
5. Tanpa minimum transaksi
6. Cashback akan diterima maksimal dalam 1x24 jam
7. Promo tidak berlaku untuk pembayaran tagihan (pembayaran telepon, listrik pam, internet, finansial, asuransi, dan tv cable), isi ulang (pulsa, tiket kereta, dan e-money), rokok dan susu bayi
8. Promo dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya
GO-PAY berhak menahan dan/atau membatalkan promo kepada pengguna sewaktu-waktu termasuk jika ditemukan tindakan penyalahgunaan (abusive), kecurangan (fraudulent) dan/atau aktivitas mencurigakan lainnya di akun pengguna
OVO-Cashback 60% (diambil dari ovo.id tanggal 24 Maret 2019)
1. Promo berlaku di outlet-outlet yang berpartisipasi.
2. Setiap transaksi minimum Rp 10.000 menggunakan OVO Cash, berhak mendapatkan Cashback 60% dalam bentuk OVO Points (1 OVO Point = Rp 1).
3. Maksimum Cashback yang diberikan hingga 30.000 OVO Points/struk/transaksi dan hingga 60.000 OVO Points selama periode promo/merchant (bukan per outlet).

4. Cashback GoPay berupa saldo uang bukan points

Yang lebih menggembirakan lagi adalah cashback GoPay langsung berupa saldo uang pada GoPay, sedangkan cashback OVO dalam bentuk OVO Points. Tentu ini menjadi pertimbangan bagaimana orang lebih suka Cashback GoPay dibanding OVO. Cashback GoPay yang berupa saldo uang pada GoPay bisa dibelanjakan lagi dan mendapatkan promo lagi, karena memang bentuknya uang. Cashback OVO dalam bentuk OVO Points yang bisa digunakan untuk belanja juga, tetapi belanja dengan OVO Points tidak berlaku promo cashback.
Orang tentunya lebih suka belanja dengan uang lalu mendapat cashback berupa uang, dibanding belanja dengan uang lalu mendapat cashback berupa points.

5. Cara pembayaran menggunakan GoPay lebih praktis dibanding OVO

Cara pembayaran menggunakan GoPay adalah dengan scan QRcode lalu detail jumlah pembayaran akan muncul di layar dan lalu cukup klik tombol BAYAR dan memasukkan PIN untuk verifikasi, transaksi selesai. Cara ini menurut saya lebih praktis dibanding dengan cara pembayaran menggunakan OVO. Cara pembayaran menggunakan OVO pada umumnya agak lebih ribet, karena harus memasukkan nomor HP ke mesin EDC (Electronic Data Capture) OVO. Jika benar, maka detail tagihan akan muncul di layar aplikasi OVO kita, lalu memilih metode pembayaran OVO Cash atau OVO Points, lalu klik tombol BAYAR.

Setahu saya, OVO memiliki fitur cara pembayaran menggunakan QRcode atau Barcode, tetapi entah kenapa saya selalu menggunakan cara tersebut dalam paragraf di atas setiap melakukan pembayaran menggunakan OVO.

Nah, anda Tim GoPay atau Tim OVO?
« PREV
NEXT »

No comments