LATEST POST
latest

728x90

468x60

Review Film Captain Marvel dan Masa Depan Avengers di Avengers 4 - Endgame

SPOILER ALERT!

Buat kalian yang belum nonton Captain Marvel dan berencana akan nonton, saya sarankan agar tidak membaca artikel ini.

Film Captain Marvel baru saja dirilis Rabu, 6 Maret 2019 (minggu lalu). Seperti biasa, film-film Marvel akan selalu merajai Box Office. Tidak tanggung-tanggung, banyak bioskop di Indonesia yang seluruh teaternya hanya menayangkan satu film Marvel doang. Film-film lain sepertinya tidak laku ketika film Marvel sedang tayang. Bisa dibilang, film-film lain didiskriminasi ketika ada film keluaran Marvel terutama gengnya Avengers. Mau bagaimana lagi, manajemen bioskop tentunya tidak akan melewatkan kesempatan mengeruk emas dari meledaknya permintaan penonton untuk menonton film keluaran Marvel. Selain itu, banyak loh orang yang jarang sekali nonton film di bioskop, tetapi khusus film-film keluaran Marvel (gengnya Avengers) berasa tidak sah jika tidak nonton di bisokop.

Tidak perlu panjang lebar, langsung saja ke inti masalah.

Captain Marvel berkisah tentang seorang wanita bumi yang menjadi manusia super akibat terkena radiasi ledakan energi super yang ditambang dari Batu Tesseract (Ingat Batu Tesseract? Salah satu infinity stone, yang muncul pertama kali pada film Captain America: First Avengers). Pada awal film diceritakan bahwa wanita ini, Vers namanya, salah satu dari bangsa Kree di Planet Kree. Vers dilatih untuk menjadi seorang tentara Kree. Vers memiliki kekuatan Photon Blast yang dapat keluar dari kedua tangannya. Di awal film, Vers dihantui oleh potongan-potongan mimpi tentang masa lalunya. Mimpi itulah yang membawanya untuk menemukan jati dirinya ketika datang ke Bumi.

Vers tergabung dalam Star Force dan menjalankan misi untuk mengakhiri perang antar galaksi dengan bangsa Skrulls. Skrulls digambarkan sebagai pengubah bentuk tubuh, atau peniru tubuh orang lain bahkan sampai level DNA. Pada awalnya Vers mempercayai bahwa bangsa Skrulls itu licik, suka mempengaruhi orang, dan kejam.

Sampailah pada adegan dimana Vers tertangkap oleh tentara Skrulls dan ditahan di pesawat Skrulls. Lalu Skrulls mencoba untuk membuka ingatan-ingatan dari masa lalu Vers dengan cara membaca ingatan Vers dengan suatu alat lalu menampilkannya pada sebuah layar. Orang-orang Skrulls akhirnya mendapatkan sebuah nama seorang manusia Bumi Dr. Walter Lawson. Dr. Lawson adalah ahli pesawat jet tempur di U.S. Air Force. Dr. Lawson mengembangkan pesawat jet berkekuatan super yang bisa terbang dengan kecepatan cahaya. Pesawat itu dikembangkan dengan teknologi yang menambang kekuatan dari Batu Tesseract.

Vers pun bisa lepas dari jeratan Skrulls, lalu dia berkelahi dengan tentara Skrulls, hingga menimbulkan kekacauan pada pesawat, yang membuatnya jatuh ke Bumi.

Di Bumi, Vers bertemu Nick Fury yang membantunya mencari siapa Dr. Lawson sebenarnya. Perjalanan memecahkan misteri Dr. Lawson dan keterkaitan dengan masa lalunya, membuat dia bertemu dengan seorang kawan lama ketika masih sebagai pilot di U.S. Air Force, seorang pilot wanita juga-Monica Rambeau.

Di rumah Monica Rambeau, Vers melihat foto-foto masa lalu dia bersama dengan temannya dan Dr. Lawson. Di situlah Vers mengetahui bahwa nama aslinya adalah Carol Danvers.

Skrulls pun tiba di rumah itu, lalu mereka melakukan negosiasi dan mendengarkan rekaman percakapan kokpit antara Carol Danvers dan Dr. Lawson sebelum kecelakaan pesawat.

Akhirnya Vers mengingat kembali apa yang terjadi di masa lampau dengan dirinya. Vers mengingat Dr. Lawson dan misinya untuk menghentikan perang besar antar galaksi. Dia ingat saat jatuh dari pesawat bersama Dr. Lawson, dia melihat bahwa darah Dr. Lawson berwarna biru, yang menandakan bahwa Dr. Lawson adalan orang Kree. Dan benar Dr. Lawson bernama asli Mar Vell adalah orang Kree yang telah lama menetap di bumi untuk melakukan penelitian.

Vers atau Carol Danvers juga mengingat bahwa yang menyebabkan Dr. Lawson meninggal adalah bukan kecelakaan pesawat, tetapi ditembak oleh seorang tentara Kree, yaitu Kapten dia saat ini di Star Force. Dia mengingat kembali detik-detik saat dia menghancurkan pesawat hasil rancangan Dr. Lawson agar tidak jatuh ke tangan orang yang jahat. Lalu ledakan itulah yang menyebabkan dia terkena radiasi dari inti energi pesawat yang ditambang dari Batu Tesseract itu. Radiasi itulah yang mengubah dia memiliki kekuatan super, yang selama ini ia yakini sebagai pemberian dari Kree.

Singkat cerita, Carol Danvers, Nick Fury, Jenderal Tentara Skrulls, dan Monica Rambeau terbang menuju satu titik orbit di atas permukaan bumi untuk menemukan lab penelitian Dr. Lawson. Di sana mereka menemukan banyak sekali bangsa Skrulls yang tinggal di dalam Lab. Ternyata selama ini bangsa Skrulls lah yang tertindas, hingga mereka harus terpisah dan sembunyi di seantero galaksi. Carol Danvers akhirnya memahami tujuan mulia dari Dr. Lawson.

Akhir cerita, Carol Danvers dengan kekuatannya sanggup mengalahkan Star Force. Lalu membawa orang-orang Skrulls ke suatu tempat yang aman. Namun, sebelum pergi, Carol Danvers memberi Nick Fury pager yang sudah diupgrade fungsinya. Pager inilah yang dipakai oleh Nick Fury di akhir film Avengers: Infinity War untuk mengirim pesan kepada Carol Danvers a.k.a. Captain Marvel.

Begitu cerita Captain Marvel dalam filmnya, yang menurut saya tidak se-wah yang orang-orang bilang. Tidak ada yang spesial dari film Captain Marvel menurut saya. Ini hanya sekedar film pengantar sebagai penyambung film-film Marvel yang lain, khususnya Avengers - Infinity War ke Avengers- Endgame. Saya merasa bahwa film ini alur ceritanya cukup membosankan. Tidak ada plot-plot cerita yang membuat penonton decak kagum.

Sudah bisa dibayangkan Avangers 4 - Endgame akan seperti apa nanti. Dengan adanya karakter Captain Marvel yang sudah kita kenal dari sekarang, membuat cerita film Avengers - Endgame berasa sudah basi dari sekarang. Betapa tidak, kita sudah tahu tokoh kunci penyelamat Avengers adalah Captain Marvel yang memiliki kekuatan luar biasa di atas Thanos. Kita dibiarkan mengenalnya dari sekarang, padahal seharusnya kita dibuat penasaran hingga Avengers 4 - Endgame nanti.

Berikut spekulasi-spekulasi saya tentang film Avengers 4 - Endgame:

1. Avengers 4 - Endgame akan menceritakan bagaimana Thanos dikalahkan oleh Captain Marvel. Mengingat Captain Marvel merupakan orang terkuat di Marvel Universe.

2. Captain Marvel adalah satu-satunya Avengers yang sanggup menggunakan kelima batu infinity stone untuk mengembalikan keadaan seperti sedia kala, mengembalikan Avengers yang hilang.

3. Mungkin kita akan dikasih sedikit surprise pada film itu, misalnya ada salah satu Avengers yang meninggal dunia. Entah itu siapa, kita tunggu saja filmnya.

Baiklah, itu sedikit review film Captain Marvel dari saya dan spekulasi masa depan Avengers di film Avengers - Endgame. Jika kalian punya pendapat lain, silahkan memberi komentar di bawah ya.
« PREV
NEXT »

2 comments

  1. Gw juga merasakan hal yang sama

    ReplyDelete
  2. I am overwhelmed by your post with such a nice topic. Usually I visit your blogs and get updated through the information you include but today’s blog would be the most appreciable. Well done! Avengers Endgame Full Movie 2019

    ReplyDelete