LATEST POST
latest

728x90

468x60

Mengapa Jepang dan Qatar Bisa Ikut Copa America 2019?

Perhelatan sepak bola antar negara-negara Amerika Latin yang disebut Copa America tahun 2019 baru saja dimulai, dimana Brasil sebagai tuan rumah. Brasil juga menjadi tim pembuka Copa America 2019 melawan Bolivia.

Ada yang unik dari perhelatan Copa America tahun ini, dimana ada Jepang dan Qatar sebagai negara peserta perhelatan sepak bola se-Amerika Latin itu. Mungkin beberapa dari kita bertanya, kok bisa ya Jepang dan Qatar ikut dalam Copa America 2019? Padahal Jepang dan Qatar adalah negara di Asia bukan negara di kawasan Amerika Latin. Baiklah, kita akan bahas di bawah ini.

Sejak tahun 1993 untuk memeriahkan penyelenggaraan Copa America, CONMEBOL mengundang negara dari konfederasi lain untuk dapat bertanding dalam Copa America. Negara-negara di luar CONMEBOL yang sering diundang untuk mengikuti Copa America adalah Meksiko 10 kali, Kosta Rika 5 kali, dan Amerika Serikat 4 kali. Tetapi, selama penyelenggaraan dengan negara undangan, belum ada negara undangan yang dapat menjuarai Copa America ini, prestasi terbaik yang dapat diraih adalah sebagai peringkat dua. Negara undangan yang mampu menjadi runner up pada Copa America adalah Meksiko. Dimana Meksiko menjadi runner up dua kali, yaitu pada tahun 1993 dan 2001.

Pada tahun 2019 ini, negara yang diundang untuk mengikuti Copa America 2019 di Brasil adalah negara Qatar dan Jepang dari Federasi Sepak Bola Asia, AFC (Asian Football Confederation). Kenapa dua negara itu, mungkin karena kedua negara itu adalah juara pertama (Qatar) dan juara kedua (Jepang) pada kompetisi Piala Asia 2019 yang lalu. Yang pasti, kedua negara itu layak untuk menjajal kompetisi sepok bola tertua di dunia itu. Bagaimana pendapat anda?
« PREV
NEXT »

No comments