LATEST POST
latest

728x90

468x60

Mengatasi Masalah SD Card Tidak Terbaca pada Samsung Galaxy J7 Core SM J701F

Mungkin anda mengalami seperti apa yang saya alami pada smartphone Samsung Galaxy J7 Core saya, yaitu SD Card tidak terdeteksi. Mungkin anda sudah mencari dan membaca berbagai artikel untuk mendapakan solusi dari masalah anda.
Jika anda mengalami masalah sama seperti saya, maka agar Samsung Galaxy J7 Core anda bisa membaca SD Card yang anda pasang, anda bisa melakukan cara seperti di bawah ini:

Cara 1

Coba soft reset hp samsung galaxy j7 core anda dengan menekan dan menahan tombol Power dan Volume Down (-) secara bersamaan selama 7-10 detik.

Cara 2

Pastikan Anda beroperasi pada versi perangkat lunak terbaru di Perangkat Galaxy Anda. Anda dapat memeriksa apakah Anda mutakhir dengan masuk ke Pengaturan> Pembaruan Perangkat Lunak> Unduh dan Instal. Jika ada pembaruan yang tersedia untuk diinstal, itu akan muncul di pengaturan ini. Unduh dan instal pembaruan perangkat lunak.

Cara 3

Periksa apakah ada pesan yang menyatakan bahwa kartu SD tidak dikenali.

  • Jika YA, hubungkan kartu SD ke PC dan periksa apakah kartu itu dapat dibaca. Pastikan Anda melepas kartu SD (unmount SD card) sebelum melepaskan kartu SD dari perangkat Anda.
  • Jika TIDAK, bersihkan dan pasang kembali kartu SD. Terkadang, kartu SD tidak dapat dikenali dengan benar karena benda asing pada kartu SD Anda. Pastikan Anda melepas kartu SD sebelum melepaskan kartu SD dari perangkat Anda.

Cara 4


Jika kartu SD dapat dibaca dan telah dikenali oleh PC Anda, format kartu SD menggunakan PC. Format SD Card dalam format FAT atau FAT32, karena biasanya android hanya mengenali kedua format ini. Pastikan Anda telah membuat cadangan data Anda yang disimpan dalam kartu SD terlebih dahulu. Setelah SD diformat ulang, masukkan kembali ke perangkat Anda dan periksa untuk melihat apakah itu dapat dibaca oleh perangkat Anda.
  • Jika kartu SD Anda masih belum terbaca dan belum dikenali oleh PC Anda, masalahnya mungkin pada kartu SD Anda.

Cara 5

Jika Anda telah mereset kartu SD Anda dan saat ini masih tidak dapat dibaca oleh perangkat Anda, uji SD lain yang merupakan kartu SD yang berfungsi pada perangkat Anda untuk melihat apakah kartu itu berfungsi dengan baik. Periksa yang berikut ini:
  • Jika kartu SD lainnya dapat dibaca, kartu SD anda yang sekarang mungkin rusak.

Cara 6

Coba hidupkan Galaxy J7 Core Anda dalam mode aman (safe mode) untuk menghilangkan dan menonaktifkan aplikasi pihak ketiga mana pun. Menggunakan safe mode di ponsel Galaxy J7 Core, memungkinkan Anda untuk memaksa perangkat menjalankan sistem operasi penting.
Ikuti panduan langkah demi langkah berikut ini untuk menghidupkan HP Samsung Galaxy J7 Core pada Safe Mode:
  1. 1. Matikan ponsel anda, sampai ada getaran yang menandakan ponsel anda mati.
  2. 2. Hidupkan ponsel Galaxy J7 Core anda dengan menekan tombol Power dan Volume Down (-)
  3. 3. Ketika logo Samsung sudah nampak pada layar, lepaskan tombol Power, tetapi tetap tahan untuk tombol Volume Down (-)
  4. 4. Sekarang hp Galaxy J7 Core anda sedang dalam kondisi Safe Mode

Cara 7

Lakukan Reset Factory. Cara ini adalah upaya terakhir jika langkah pemecahan masalah di atas tidak menyelesaikan masalah Anda. Pastikan anda backup data pada ponsel anda sebelum melakukan reset factory, karena reset factory akan mengembalikan hp anda seperti saat anda membeli baru, semua data terhapus dan kembali ke setting-an pabrik.

Cara 8 

Jika Anda telah mencoba langkah-langkah di atas dan Anda masih tidak dapat membaca SD dari smartphone Galaxy Anda, mungkin ada masalah dengan pembaca perangkat seluler Anda. Jika demikian, Anda mungkin perlu menuju ke Pusat Servis Samsung terdekat dan meminta teknisi resmi untuk menilai ponsel Galaxy Anda.


Itulah 8 Cara Mengatasi Masalah SD Card Tidak Terbaca pada Samsung Galaxy J7 Core SM J701F. Semoga artikel ini membantu anda. 

Jika anda tidak berhasil dengan semua cara di atas atau berhasil dengan salah satu cara di atas. Mohon memberikan komentar pada kolom ini, sehingga kita saling berbagi pengalaman yang mungkin dapat membantu pembaca lainnya untuk mendapatkan solusi yang lebih baik.
NEXT »

No comments